Connect with us

6 Cara Mengelola Keuangan Gaji Kamu Biar Tetap Hemat

Source:futureready

Ekonomi

6 Cara Mengelola Keuangan Gaji Kamu Biar Tetap Hemat

Bagi anda yang baru pertama kali bekerja, tentu menerima gaji pertama kalinya menjadi momen yang sangat menyenangkan. Bayangkan saja semua kerja keras yang anda jalani saat kuliah hingga mencari kerja, akhirnya terbayar dengan gaji yang anda dapatkan.

Namun meskipun begitu, bukan berarti anda bisa bebas menggunakan uang anda anpa perhitungan. Kebanyakan orang yang pertama kali mendapatkan gaji menggunakan uang yang didapatkan sesuka hati, bahkan hingga menghabiskannya sesuka hati.

Gaji pertama yang anda dapatkan tentunya harus diatur dengan bijak. Jika anda bisa mengelola keuangan gaji dengan tepat sejak awal, maka kedepannya anda akan mampu untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan anda di masa yang akan datang. Nah bagi anda yang baru pertama kali mendapatkan gaji, tips di bawah ini bisa membantu anda mengelola keuangan anda dengan baik.

Rencanakan Budget Bulanan

Dalam mengelola keuangan dengan baik, tentunya anda membutuhkan perencanaan yang matang bahkan sejak awal bulan. Untuk itu lah penting merencanakan budget bulanan setiap awal bulan. Luangkan waktu anda untuk sejenak merencankana budget bulanan yang seefektif mungkin. Masukkan semua pos-pos pengeluaran dan lainnya yang termasuk kebutuhan penting.

Sesuaikan anggaran yang anda buat dengan pendapatan yang anda terima. Pastikan jika jumlahnya masuk akal sehingga nantinya anda tak mengalami masalah keuangan saat tengah bulan atau jauh-jauh hari sebelum tanggal gajian datang. Usahakan untuk menemuhi terlebih dahulu kebutuhan pokok sebelum anda berencana membelanjakan uang anda untuk kebutuhan yang tidak penting.

Sisihkan Di Awal Untuk Tabungan

Tabungan menjadi salah satu hal yang paling penting yang perlu anda prioritaskan dalam keuangan anda. untuk itu sebisa mungkin di awal gajian, anda sudah menyisihkan pendapatan anda untuk ditabungkan. Hal ini bersifat wajib, karena tabungan ini akan sangat membantu berbagai kebutuhan anda di masa depan.

Menabung secara rutin juga sangat membantu anda untuk mencapai tujuan keuangan anda. Setidaknya sisihkan 10% dari pendapatan anda per bulannya untuk masuk ke dalam rekening tabungan. Nantinya jumlah uang yang ditabungkan ini juga dapat anda semakin tingkatkan seiring dengan meningkatnya pendapatan.

Buat Alokasi 30% Untuk Kebutuhan Pribadi

Meskipun anda harus mendahulukan uang anda untuk hal-hal penting, bukan berarti anda tak bisa bersenang-senang serta melakukan kegiatan yang anda sukai. Jangan terlalu pelit terhadap diri anda sendiri, bagaimanapun anda juga membutuhkan hiburan agar tetap dapat fresh saat bekerja. Anda bisa mengalokasikan pendapatan anda untuk kebutuhan pribadi.

Baca Artikel Lainya:

Pisahkan dana ini sebagai dana khusus dan tidak tercampur dengan dana kebutuhan sehari-hari. Namun bijaklah saat menentukn berapa jumlah untuk dana khusus ini, jangan sampai anda mengalami masalah keuangan bahkan sebelum akhir bulan. Setidaknya, anda dapat menyisihkan sekitar 30% dari pendapatan anda untuk kebutuhan pribadi.

Mulai Berinvestasi

Meskipun masih muda, tak ada salahnya untuk memulai berinvestasi. Apalagi jika pendapatan yang anda terima memang memungkinkan anda untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji anda di masa-masa awal kerja untuk dijadikan investasi yang menguntungkan.

Semakin cepat anda memulai investasi, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Tak perlu memulai investasi dalam jumlah yang besar. Anda bisa memulai dengan jumlah yang kecil sekalipun asal rutin, misalnya seperti investasi emas, reksa dana, dan lainnya.

Biasakan Untuk Hidup Hemat

Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup hemat di dalam keseharian anda, hal ini akan sangat membantu anda untuk mengatur keuangan menjadi lebih efektif. Gaya hidup hemat bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan, jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehingga nantinya anda tak merasa terbeban.

Ada banyak cara hemat yang bisa anda lakukan, mulai dari berangkat ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum, bawa bekal dari rumah untuk makan siang di kantor, mengurangi ngopi atau nongkrong di café, dan masih banyak lainnya.

Meskipun di awal-awal akan terasa sulit untuk melakukannya, namun jika anda bisa disiplin dalam menjalankan rencana keuangan seperti yang sudah anda tetapkan, maka nantinya hal tersebut dapat menjadi kebiasaan baik yang membantu anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan di masa yang akan datang.

Elfaya adalah platform media online tempat millennials mencari informasi & bertukar fikiran untuk mewujudkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi semua orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi

To Top