Connect with us

9 Bahaya Sering Marah-Marah Terhadap Kesehatan Tubuh

Source: Apoherbal

Gaya Hidup

9 Bahaya Sering Marah-Marah Terhadap Kesehatan Tubuh

Anda sering marah-marah? Menjerit, berteriak, maupun melakukan hal-hal yang dapat meluapkan segale emosi secara meledak-ledak? Mulai saat ini sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Suka marah-marah tak hanya dapat merugikan lingkungan sosial anda, namun juga dapat merugikan fisik dan psikologis anda.

Pada saat tubuh anda sering marah-marah, maka otot-otot di dalam tubuh menjadi menegang, sistem pencernaan menjadi terganggun, bahkan akan terjadi perubahan kiia pada otak anda. perubahan-perubahan tersebut yang kemudian dapat berubah menjadi racun di dalam tubuh dan dapat menganggu kesehatan bahkan dalam jangka panjang.

Lalu apa saja bahaya dari sering marah-marah? Berikut ini elfaya akan memaparkanya.

Gangguan Tidur

Saat anda marah-marah, maka hormon di dalam tubuh akan bergejolak yang menyebabkan seseorang menjadi susah untuk tidur di malam hari. Saat tubuh kekurangan waktu istirahat, maka tentu saja membuat tubuh mudah terserang penyakit. Sulit tidur pun juga dapat menyebabkan resiko kematian.

Stress

Efek setelah marah-marah yang paling sering dirasakan adalah stress. Setelah kemarahan mereda, maka anda bisa saja mengalami stress. Stress ini lah yang memicu berbagai macampenyakit serius seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, dan lainnya.

Sakit Kepala

Tak jarang, orang yang memiliki kebiasaan marah-marah akan mudah mengalami sakit kepala. Biasanya sakit kepala ini akan tiba-tiba muncul ketika anda marah-marah. Otot-otot di dalam tubuh menjadi menegang serta perubahan kimia di dalam otak ketika marah dapat memicu munculnya sakit kepala.

Penyakit Jantung

Kemarahan yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan debaran jantung menjadi lebih cepat. Saat anda cepat marah, detak jantung akan terus menerus meningkat dan menyebabkan seseorang rentan mengalami stroke. Untuk itu lah, akan lebih baik untuk mulai mengurangi kebiasaan buruk anda tersebut.

 

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa dipicu oleh banyak faktor, termasuk kebiasaan yang sering marah-marah. Kebiasaan buruk ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tekanan darah menjadi meningkat. Jika dibiarkan terus menerus tentu akan menyebabkan kerusakan pada organ jantung anda.

Baca Juga Artikel Lainya :

Gangguan Sistem Pencernaan

Salah satu hal yang menyebabkan mengapa sistem gangguan pencernaan menjadi terganggu adalah masalah pada pencernaan. Mengapa? Saat marah-marah, sistem tubuh akan berhenti dan akan berpengaruh pada sistem pencernaan anda.

Masalah Pernapasan

Marah dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, semisal asma. Seseorang akan merasa kesulitan bernapasa ketika sedang marah-marah. Kemarahan juga bisa memicu terjadinya serangan asma sehingga membuat napas menjadi terengah-engah.

Stroke

Stroke pada otak bisa terjadi ketika salah satu atau bahkan lebih pembuluh darah mengalami pecah. Hal ini bisa terjadi saat orang sedang marah-marah, akibatnya dapat menyebabkan tekanan darah menjadi sangat tinggi. Stroke pada otak juga dapat membunuh ataupun melumpuhkan anda seketika. Sehingga akan lebih baik untuk mengurangi kebiasaan anda tersebut agar tidak memicu terjadinya stroke.

Serangan Jantung

Serangan jantung juga dapat menjadi salah satu bahaya yang sering terjadi saat tubuh sering marah-marah. Jika seseorang sering merasa emosional, marah, maupun bersemangat, serangan jantung dapat terjadi. Kemarahan menjadi salah satu penyebab yang paling berbahaya yang dapat menjadi pemicu serangan jantung. Untuk itulah, bagi pasien jantung sangat dilarang untuk tidak terlalu sering dalam mengekspresikan kemarahan mereka karena akan sangat membahayakan.

Nah itu tadi 9 bahaya yang bisa anda sering dialami tubuh saat anda sering marah-marah. Jika dibiarkan terus menerus, tentu saja kebiasaan ini akan berakibat fatal untuk kesehatan anda. Untuk itulah mulai kurangi kebiasaan anda sering marah-marah. Anda bisa mencoba berbagai macam relaksasi yang dapat membantu menurunkan emosi. Sehingga anda tak perlu meluapkan segala emosi yang ada di dalam tubuh anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Menulis bukan soal uang tapi ada passion disana, menulis bagiku sudah seperti hati yang kedua, setiap hari selalu menemani,setia dan tanpa pamrih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Gaya Hidup

To Top