Connect with us

Apakah Benar Stress Dapat Menular? Begini Penjelasannya

Source: TheClinic

Gaya Hidup

Apakah Benar Stress Dapat Menular? Begini Penjelasannya

Setiap orang bisa saja memiliki resiko mengalami stress, apalagi dengan pekerjaan yang padat setiap harinya, masalah-masalah yang tidak kunjung selesai, maupun faktor lainnya yang dapat menyebabkan stress muncul. Stress bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

Stress bisa merusak sistem ketahanan tubuh, sehingga menyebabkan orang akan mengalami gangguan tidur (insomnia), memicu resiko serangan jantung, meningkatkan kadar kolestrol, dan lainnya. Dan tak hanya itu saja, stress juga dapat menyebabkan dampak negative pada keseharian anda.

Sata mengalami stress, tubuh cenderung akan menolak kegiatan-kegiatan yang dilakukan tubuh sehingga menyebabkan semua pekerjaan anda bisa terbengkalai dan menumpuk.

Namun parahnya lagi, stress juga dapat menular pada orang lain dengan cepat. Namun apakah benar stress dapat menular pada orang lain di sekitar? Berikut ini penjelasan lebih lanjut

Stress Dapat Menular?

Kabar buruknya, penyakit menatal seperti stress memang dapat menular. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian terbaru yang menjelaskan jika dengan hanya melihat orang lain yang sedang mengalami kesulitan ataupun stress juga bisa memicu tubuh untuk turut merasakan stress.

Menariknya, hal ini tak hanya dapat terjadi saat anda melihat langsung orang yang sedang stress saja. Bahkan jika anda melihat orang yang sedang mengalami stress di tv sekalipun, tubuh dapat bereaksi memicu hormone yang menyebabkan stress di dalam tubuh. Peneliti menjelaskan jika stress kini menjadi ancaman kesehatan psikologis yang sering dialami oleh kebanyakan masyarakat.

Baca Artikel Lainya Juga :

Stress juga dapat memicu berbagai macam gangguan lainnya, semisal gangguan kecemasan dan depresi. Sehingga jika seseorang yang baik-baik saja dalam kehidupannya sering melihat orang lain mengalami stress, maka akan sangat kemungkinan jika orang tersebut juga akan merasakan stress di dalam tubuh mereka sendiri.

Pada penelitian yang telah dilakukan, hanya sekitar 5% partisipan yang tetap berhasil tenang saat melihat orang lain sedang mengalami stress. Sedangkan 26% lainnya mengalami kenaikan hormone kortisol atau hormone yang menyebabkan stress saat sedang melihat orang lain yang mengalami stress.

Bahkan efek ini bisa mencapai angka 40% ketika mereka menyaksikan langsung orang yang disayangi mengalami stress, semisal keluarga, pasangan, maupun teman. Meskipun begitu, hormone kortisol juga dapat meningkat ketika melihat orang asing yang sedang mengalami stress. Sedangkan jika seseorang emlihat orang lain stress melalui video, maka hormone kortisol dapat meningkat hingga 24%.

Lalu Bagaimana Cara Menangani Stress?

Stress bukanlah penyakit yang tidak dapat ditangani, untuk menangi penularan stress maka sebisa mungkin atasi penyebab stress tersebut terlebih dahulu. Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk menangani stress

  • Cobalah untuk menghentikan pikiran-pikiran yang dap0at memicu stress, mulailah memikirkan bagaimana efek jika anda mengalami stress. Tak hanya pada diri anda, namun juga pada orang lain yang ada di sekitarnya. Hindari situasi-situasi dimana anda bisa merasa stress semisal kemacetan, keramaian, dan sejenisnya.
  • Lakukan relaksasi agar membatasi munculnya kondisi secondhand stress. Cobalah untuk mengambil jeda pada setiap kegiatan yang anda lakukan setidaknya 1 jam sekali ataupun anda bisa mencoba bermeditasi kecil-kecilan.
  • Coba untuk manajemen stress virtual anda, semisal latihan pernapasan maupun pemberian sugesti diri sehingga stress yang anda rasakan tiddak dapat memberikan dampak negative pada diri anda.
  • Perbanyak komunikasi secara langsung, sehingga anda mudah memahami situasi yang anda alami dan tidak terpicu untuk mengalami stress
  • Jangan biarkan hal-hal yang sepele dapat memicu masalah yang dapat lebih besar lagi
  • Selalu melihat sesuatu dari sudut pandang positif
  • Jangan menyebarkan stress, hal ini juga dapat memudahkan orang lainnya menyampaikan pemikiran serta uneg-uneg yang ada di dalam pikirannya.

Sebisa mungin hindari segala hal yang dapat menyebabkan stress, baik itu dari diri anda sendiri maupun dari orang lain. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Elfaya adalah platform media online tempat millennials mencari informasi & bertukar fikiran untuk mewujudkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi semua orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Gaya Hidup

To Top